Berbagi Selagi Bisa Berbagi

Breaking

Post Top Ad

Your Ad Spot

Sabtu, 27 Oktober 2018

Pasar Bisnis


          Pasar atau market merupakan sebuah tempat bertemunya pembeli dengan penjual guna melakukan transaksi ekonomi yaitu untuk menjual atau membeli suatu barang dan jasa atau sumber daya ekonomi dan berbagai faktor produksi yang lainnya.

    Pada umumnya  pengertian pasar adalah tempat bertemunya penjual dan pembeli untuk melakukan transaksi. Pasar dalam manajemen pemasaran tidak menunjuk ke sebuah lokasi ataupun tempat-tempat tertentu, tetapi lebih kepada kemana barang dan jasa akan dijual, siapa pembelinya dan dimana suatu produk akan dijual. Adanya sistem jaringan komunikasi yang modern sudah meniadakan hambatan atau batasan-batasan geografis, sehingga tempat atau pasar dimana  penjual dan pembeli bertransaksi tidak harus ada tempat, baik untuk pasar konsumen ataupun pasar bisnis.Transaksi dapat terjadi tanpa harus saling melihat wajah satu sama lain yang kita kenal sekarang dengan istilah online.

Pengertian pasar yang kita bahas disini lebih menitik beratkan ke arti ekonomi yaitu untuk transaksi jual dan beli. Dalam ilmu ekonomi, pengertian pasar yaitu sebagai besarnya permintaan serta penawaran pada jenis barang atau jasa tertentu. Pengertian pasar merupakan permintaan serta penawaran secara keseluruhan untuk jasa dan barang tertentu. Dengan demikian pengertian pasar lebih merujuk kepada  aktivitas penawaran dan permintaan termasuk didalamnya modal, surat berharga, tenaga kerja, serta uang.

Menurut para ahli Bisnis, Bisnis itu adalah : Usaha perdagangan yang dilakukan oleh sekelompok orang yang terorganisasi untuk mendapatkan laba dengan memproduksikan dan menjual barang atau jasa untuk memenuhi konsumen. (Mahmud Machfoedz)

Pasar berdasarkan objeknya dapat dibedakan menjadi dua golongan, yakni pasar konsumen dan  pasar bisnis (pasar industri). Dimana pasar konsumen adalah sekelompok pembeli yang membeli barang-barang untuk dikonsumsi dan bukannya untuk diproses lebih lanjut. Sedangkan pasar bisnis adalah pasar yang terdiri dari individu-individu atau organisasi yang membeli barang untuk diproses lagi menjadi barang lain dan kemudian dijual.

Berdasarkan pengertian tersebut, sebagai contoh maka petani digolongkan ke dalam pasar bisnis, sebab mereka membeli barang digunakan untuk diproses lebih lanjut menjadi barang-barang hasil pertanian.

Dapat ditarik kesimpulan bahwa : Pasar bisnis adalah pasar yang besar. Pasar bisnis melibatkan jumlah uang dan barang yang jauh lebih banyak daripada pasar konsumen. Dalam beberapa hal, pasar bisnis sama dengan pasar konsumen. Keduanya melibatkan orang-orang yang melakukan pembelian untuk memuaskan kebutuhan. Perbedaan utama terletak pada struktur permintaan pasar, sifat unit pembelian, serta jenis keputusan dan proses keputusan yang dilibatkan.

Dalam Bab II Pembahasan Makalah, kami akan mengulas sedikit tentang pasar konsumen dan lebih banyak membahas Pasar Bisnis sesuai dengan tema dan topik makalah yaitu Pasar Bisnis.



*Dari Berbagai Sumber Untuk Kepentingan Perkuliahan

Tidak ada komentar:

Post Top Ad

Your Ad Spot