1. Agar produk yang dibuat oleh sebuah perusahaan dapat
diterima oleh konsumen, bagaimana cara perusahaan tersebut melakukannya?
Jawab
:
yaitu
dengan cara penetapan Strategi Pemasaran yang tepat
Langkah-Langkah
Penerapan Strategi Pemasaran
Penerapan
Strategi Pemasaran melalui langkah-langkah sebagai berikut:
· Segmentasi Pasar (Market Segmentation),
adalah tindakan membagi pasar menjadi kelompok pembeli berbeda
dengan kebutuhan, karakteristik, atau perilaku berbeda yang mungkin memerlukan
produk atau bauran pemasaran terpisah
· Penetapan Target Pasar (Market Targeting),
yaitu proses mengevaluasi daya tarik masing-masing segmen pasar
dan memilih satu atau lebih segmen yang akan dilayani, penetapan sasaran pasar
terdiri dari merancang strategi untuk membangun hubungan yang benar dengan
pelanggan yang tepat, atau sebuah perusahaan besar mungkin memutuskan untuk
menawarkan ragam produk yang lengkap dalam melayani seluruh segmen pasarnya,
sebagian besar perusahaan memasuki pasar baru dengan melayani segmen tunggal,
dan jika hal ini terbukti berhasil, mereka menambahkan segmen
· Diferensiasi dan Posisi Pasar (Differentiation & Positioning),
perusahaan harus memutuskan bagaimana mendifferensiasikan
penawaran pasarnya untuk setiap segmen sasaran dan posisi apa yang ingin
ditempatinya dalam segmen tersebut, posisi produk adalah tempat yang diduduki
produk relatif terhadap pesaingnya dalam pikiran konsumen, pemasar ingin
mengembangkan posisi pasar unik bagi produk mereka. Jika sebuah produk dianggap
sama persis dengan produk lainnya di pasar, konsumen tidak mempunyai
alasan untuk membelinya.
Mengembangkan Strategi Pemasaran dan Bauran Pemasaran Terintegrasi
Setelah strategi pemasaran ditetapkan maka perusahaan diharapkan
untuk menerapkan dan merencanakan rincian bauran pemasaran (Marketing Mix)
merupakan kumpulan alat pemasaran taktis terkendali – produk, harga, tempat,
dan promosi yang dipadukan perusahaan untuk menghasilkan respons yang
diinginkan di pasar sasaran.
Bauran pemasaran terdiri dari semua hal yang dapat dilakukan
perusahaan untuk mempengaruhi permintaan akan produknya yang terdiri dari
“empat P” yaitu:
· Produk (product) , kombinasi barang dan jasa yang ditawarkan perusahaan kepada
pasar sasaran meliputi : ragam, kualitas, gesain. fitur, nama merek, dan
kemasan.
· Harga (price), adalah sejumlah uang yang harus dibayarkan pelanggan untuk
memperoleh produk meliputi: daftar harga, diskon potongan harga, periode
pembayaran, dan persyaratan kredit
· Tempat (place), kegiatan perusahaan yang membuat produk tersedia bagi pelanggan
sasaran meliputi: Lokasi, saluran distribusi, persediaan, transportasi dan
logistik
· Promosi (promotion) berarti aktivitas yang menyampaikan manfaat produk dan membujuk pelanggan
membelinya meliputi : Iklan dan promosi penjualan.
2. Jelaskan yang menyebabbkan perusahaan bidang jasa mengalami
kegagalan dalam mengelola kualitas produk jasanya?
Jawab
:
o
Lima penyebab kegagalan pengiriman
jasa:
·
Kesenjangan harapan konsumen &
persepsi manajemen
·
Kesenjangan persepsi manajemen &
spesifikasi jasa
·
Kesenjangan spesifikasi
kualitas&penghantaran jasa
·
Kesenjangan penghantaran jasa &
komunikasi eksternal
·
Kesenjangan jasa anggapan&jasa
yang diharapkan
3. Strategi yang dilakukan perusahaan untuk meningkatkan
penjualan dan laba adalah dengan cara memperpanjang lini produk. Jelaskan
tujuan dari lini produk dan bagaimana cara melakukannya?
Jawab
:
Manajer
lini produk harus mengetahui penjualan dan laba tiap unit produk dalam lininya
untuk menentukan unit produk mana yang akan dikembangkan, dipertahankan,
dikurangi atau dihentikan. Mereka juga perlu memahami profil pasar tiap produk.
Caranya
Perusahaan dapat memperpanjang lini produknya dengan dua
cara : perentangan lini (line stretching) dan pengisian lini (line
filling).
a. Perentangan Lini
Perentangan lini terjadi jika
perusahaan memperpanjang lini produknya melalmpaui cakupan yang sekarang.
Perusahaan dapat merentang lininya ke bawah, ke atas atau kedua arah.
1) Perentangan ke Bawah
Sebuah perusahaan yang posisinya di
pasar tengah mungkin ingin memperkenalkan lini harga yang lebih rendah karena
satu dari tiga alasan berikut :
1. Melihat peluang
pertumbuhan di pasar kelas bawah
2. Keinginan
mengikat kelas bawah agar tidak bergerak ke atas
3. Menemukan bahwa
pasar tengah sedang mengalami stagnasi atau kemunduran.
Tiga pilihan nama ketika perusahaan bergerak ke bawah :
1. Menggunakan
nama yang sama pada semua tawarannya misal Sony
2. Menggunakan
nama sub merk untuk harga yang lebih rendah misal Sony Value Line
3. Menggunakan
nama yang berbeda untuk harga yang lebih rendah.
2) Perentangan ke Atas
Perusahaan bawah mungkin ingin masuk ke
pasar atas. Mereka tertarik dengan tingkat pertumbuhan yang lebih tinggi,
marjin yang lebih besar atau sekedar untuk memposisikan diri sebagai produsen
yang memproduksi lini yang lengkap. Banyak perusahaan membuat produk dengan
nama yang benar-benar baru misal Toyota mengeluarkan Lexus dsb
3) Perentangan Dua Arah
Perusahaan menengah mungkin akan
memutuskan merentangkan lininya kedua arah untuk meraih kepemimpinan dalam lini
produk tertentu.
4. Salah satu keberasilan produk yang dijual dapat dilihat dari
bentuk produk dan fungsi produk tersebut. Menurut anda mana yang paling penting
dari bentuk atau fungsi produk, berikan penjelasan dan contohnya?
Jawab
:
Tergantung
pada jenis produknya terkadang produk ada yang membutuhkan lebih ke fungsinya
seperti produk bahan pokok seperti beras, pasir, gula pasir. Bentuk produk
digunakan pada produk yang bukan barang pokok dan banyak subtitusinnya seperti
smartphone, makanan, dan produk lain serta dengan pemikiran masing-masing
individu
5. Jelaskan apa yang dimaksud dengan pemasaran! Menurut
Anda mengapa pemasaran penting bagi masyarakat?
Jawab:
Pemasaran adalah suatu perpaduan dari aktivitas-aktivitas
yang saling berhubungan untuk mengetahui kebutuhan konsumen melalui penciptaan,
penawaran, dan pertukaran produk dan jasa yang bernilai serta mengembangkan
promosi, distribusi, pelayanan dan harga agar konsumen dapat terpuaskan dengan
baik pada tingkat keuntungan tertentu.
Pemasaran penting karena melalui pemasaran konsumen tidak
perlu lagi memenuhi kebutuhan pribadi secara sendiri-sendiri dengan melakukan
pertukaran antara konsumen dengan pelaku pemasaran sehingga akan ada banyak
waktu bagi konsumen untuk kegiatan lain yang disukai.
6. Sebutkan fungsi-fungsi pemasaran serta jelaskan
masing-masing fungsi tersebut!
Jawab:
Fungsi pemasaran ada 3 yaitu:
a. Fungsi
pertukaran
Dengan pemasaran pembeli dapat membeli produk dari produsen
baik dengan menukar uang dengan produk maupun pertukaran produk dengan produk
(barter) untuk dipakai sendiri atau dijual kembali.
b. Fungsi
distribusi fisik
Distribusi fisik suatu produk dilakukan dengan cara
mengangkut serta menyimpan produk. Produk diangkut dari produsen mendekati
kebutuhan konsumen dengan banyak cara, baik melalui air, darat, udara dan
sebagainya. Penyimpanan produk mengedepankan upaya menjaga pasokan produk agar
tidak kurang saat dibutuhkan.
c. Fungsi
Perantara
Untuk menyampaikan produk dari tangan produsen ke konsumen
dapat dilakukan melalui perantara pemasaran yang menghubungkan aktivitas
pertukaran dengan distribusi fisik. Aktivitas fungsi perantara antara lain
pengurangan resiko, pembiayaan, pencarian informasi serta standarisasi dan
penggolongan produk.
7. Dalam proses manajemen pemasaran ada beberapa hal yang harus
diperhatikan agar dapat mencapai tujuan yang telah ditentukan. Sebutkan hal-hal
yang harus diperhatikan dalam proses manajemen pemasaran tersebut!
Jawab:
Hal-hal
yang harus diperhatikan dalam proses manajemen pemasaran yaitu:
a. Melakukan analisis peluang pasar
Dalam melakukan usaha penganalisaan peluang pasar, seseorang
harus mengetahui banyak situasi perkembangan pasar yang akan dituju. Untuk
mengetahuinya bisa dilakukan dengan riset-riset pasar yang bertujuan untuk
mengetahui trend selera konsumen yang sedang berkembang saat itu.
b. Menyusun strategi pemasaran
Strategi pemasaran adalah logika pemasaran dan berdasarkan
hal itu, unit bisnis diharapkan untuk mencapai sasaran-sasaran pemasarannya.
Strategi pemasaran terdiri dari pengambilan keputusan tentang biaya pemasaran,
bauran pemasaran dan lokasi pemasaran.
c. Perencanaan program pemasaran
Hal ini bertujuan agar proses di lapangan menjadi lebih
mudah dan terarah.
d. Pengelolaan
usaha pemasaran
8. Dalam konsep pemasaran, terdapat orientasi pemasaran yang
meliputi orientasi produksi, orientasi produk, orientasi pemasaran, dan
orientasi pemasaran holistik. Apakah masing-masing orientasi tersebut bisa
berjalan bersamaan?
Jawab
:
Orientasi pemasaran yang meliputi orientasi produksi,
orientasi produk, orientasi pemasaran dan orientasi holistik tidak bisa
berjalan bersamaan. Orientasi pemasaran dan orientasi holistik adalah
perkembangan dari orientasi pemasaran sebelumnya yang tidak cocok lagi dengan
perkembangan zaman.
Tetapi tidak menutup kemungkinan bagi pemasar modern
menggunakan dua orientasi pemasaran sekaligus. Misalkan Lenovo yang mengetahui
kebutuhan akan laptop berharga murah (dari analisis holistic marketingya)
menggunakan orientasi produksi dengan sangat efisien untuk mencapai low cost
product dan menjaring customer sebanyak-banyaknya. Jadi dalam kasus ini
orientasi holistik marketing dan orientasi produksi digunakan bersamaan. Tetapi
untuk kasus yang lain semisal mobil ferari yang hanya ditujukan kepada kalangan
tertentu tidak mungkin menggunakan orientasi produksi atau pemasar B2B yang sangat
berorintasi pada keinginan konsumen.
9. Banyak orang yang menyamakan antara penjualan (selling)
dan pemasaran (marketing), padahal dua hal itu berbeda pelaksanaannya.
Jelaskan perbedaannya!
Jawab:
Perbedaan antara penjualan dan pemasaran
Mengembangkan Strategi Pemasaran dan Bauran Pemasaran Terintegrasi
No
|
Penjualan
|
Aspek
|
Pemasaran
|
1
|
Pabrik
|
Langkah awal
|
Target pasar
|
2
|
Produk
|
Fokus
|
Pemenuhan keinginan konsumen
|
3
|
Promosi penjualan
|
Alat
|
Pemasaran Terpadu
|
4
|
Volume penjualan
|
Tujuan
|
Laba melalui kepuasan konsumen
|
5
|
Jangka pendek
|
Orientasi pasar
|
Jangka panjang
|
10. Dalam strategi pemasaran, ada tiga faktor utama yang
menyebabkan terjadinya perubahan strategi pemasaran yang telah dibuat. Sebut
dan jelaskan faktor-faktor tersebut!
Jawab:
Faktor
yang menyebabkan perubahan strategi pemasaran yaitu:
a. Daur hidup produkStrategi
harus disesuaikan dengan tahap-tahap daur hidup produk, yaitu tahap perkenalan,
tahap pertumbuhan, tahap kedewasaan dan tahap kemunduran.
b. Posisi persaingan perusahaan di pasar
Strategi
pemasaran harus disesuaikan dengan posisi perusahaan dalam persaingan, apakah
memimpin, menantang, mengikuti atau hanya mengambil sebagian kecil dari pasar.
c. Situasi ekonomi
Strategi
pemasaran harus disesuaikan dengan ituasi ekonomi dan pandangan ke depan,
apakah ekonomi berada dalam situasi makmur atau inflasi tinggi.
11. Salah satu faktor yang mempengaruhi strategi pemasaran
adalah lingkungan mikro perusahaan. Apakah yang dimaksud dengan lingkungan
mikro perusahaan?
Jawab:
Lingkungan
mikro perusahaan terdiri dari pelaku dalam lingkungan yang berkaitan dengan
perusahaan yang mempengaruhi kemampuannya untuk melayani pasar, lingkungan
mikro ini terdiri dari:
a. Perusahaan
b. Pemasok
c. Para Perantara Pemasaran
d. Para Pelanggan
e. Para Pesaing
f. Masyarakat Umum
12. Budaya lokal merupakan aspek penting dalam memengaruhi
perilaku konsumen. Bagaimana budaya lokal dipahami oleh pemasar dan
bagaimana aplikasinya dalam mengembangkan strategi pemasaran?
Jawab
:
Benar
sekali budaya lokal merupakan aspek yang penting dalam memengaruhi perilaku
konsumen. Dan setiap pemasar harus memahami budaya lokal ini. Sebagai contoh
kebudayaan di Indonesia adalah mengutamakan kekeluargaan. Dimana produk-produk
yang mengusung kebersamaan dalam keluarga pasti laris manis. Sebagai contoh mobil
Kijang, Avanza, Xenia dan grand Livina yang bisa menampung banyak anggota
keluarga (7 seater) cukup laris di pasaran. Di sisi lain teh sariwangi juga
memperlihatkan indahnya kebersamaan dalam keluarga dalam setiap iklannya. Juga
coca cola dan beberapa produk Indomie di saat bulan puasa dan menjelang lebaran
juga mengusung tema-tema keluarga.
Setiap kebudayaan sendiri sebenarnya terdapat sub bagian
yang disebut sub kebudayaan yang target pasarnya lebih spesifik. Termasuk dalam
Sub budaya adalah kewarganegaraan, agama, ras dan lokasi geografis. Kembali ke
industri otomotif : Negara-negara asia mungkin tidak membayar mahal untuk safetydibandingkan
dengan mobil-mobil yang dipasarkan di daerah Eropa. Dan kenyamanan cenderung
lebih diutamakan pada mobil-mobil Eropa. Juga sub kebudayaan lokal yang
mengutamakan kekeluargaan membuat mobil Avanza diminati di Indonesia.
13. Strategi apa yang harus dilakukan oleh suatu perusahaan
apabila ia menduduki sebagaimarket leader?
Jawab:
Strategi
yang harus dilakukanoleh market leader yaitu:
a. Mengembangkan
pasar secara keseluruhan, hal ini dapat dilakukan dengan cara:
· Mencari konsumen baru dengan cara strategi penerobosan
pasar, strateggi paar baru, dan perluasan geografis
· Mencari dan mengenalkan kegunaan baru suatu produk
· Meyakinkan masyarakat konsumen agar menggunakan produk lebih
banyak pada setiap kesempatan
b. Melindungi
bagian-bagian pasar yang telah dikuasai.
c. Meningkatkan
bagian pasar. Selain mencari konsumen baru pada pasar baru, perusahaan juga
dapat meningkatkan jumlah konsumen pada setiap pasar yang sudah dikuasai.
14. Sebut dan jelaskan 5 strategi penyerangan yang dapat
dilakukan oleh market challenger!
Jawab:
Secara
umum ada lima strategi penyerangan yang dapat dilakukan oleh market challenger,
yaitu:
a. Serangan frontal
Serangan
ini dilakukan dengan mengerahkan seluruh kekuatan yang dimiliki tepat
berhadapan dnegan lawan
b. Serangan melambung
Market
Challenger berpura-pura akan menyerang bagian
yang kuat sehingga lawan mengerahkan seluruh kekuatan ke bagian tersebut,
tetapi serangan sesungguhnya akan diarahkan ke bagian kelemahannya.
c. Serangan mengepung
Serangan
ini merupakan usaha menembus daerah pemasaran lawan, yaitu dengan mengadakan
serangan besar-besaran ke seluruh pasar lawan.
d. Serangan lintas
Strategi
ini adalah strategi yang paling tidak langsung serta menjauhkan diri dari
gerakan yang mengarah ke pemasaran pesaing.
e. Serangan gerilya
Serangan
ini dilakukan perusahaan-perusahaan yang kekurangan modal dengan menyerang
berbagai wilayah lawan dengan serangan kecil yang tiba-tiba dan terputus-putus.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar