Berbagi Selagi Bisa Berbagi

Breaking

Post Top Ad

Your Ad Spot

Jumat, 14 September 2018

Pertanyaan Seputar Manajemen Pemasaran

1.     Agar produk yang dibuat oleh sebuah perusahaan dapat diterima oleh konsumen, bagaimana cara perusahaan tersebut melakukannya?
Jawab :
yaitu dengan cara penetapan Strategi Pemasaran yang tepat
Langkah-Langkah Penerapan Strategi Pemasaran
Penerapan Strategi Pemasaran melalui langkah-langkah sebagai berikut: 
·                      Segmentasi Pasar (Market Segmentation), 
adalah tindakan membagi pasar menjadi kelompok pembeli berbeda dengan kebutuhan, karakteristik, atau perilaku berbeda yang mungkin memerlukan produk atau bauran pemasaran terpisah
·                       Penetapan Target Pasar (Market Targeting), 
yaitu proses mengevaluasi daya tarik masing-masing segmen pasar dan memilih satu atau lebih segmen yang akan dilayani, penetapan sasaran pasar terdiri dari merancang strategi untuk membangun hubungan yang benar dengan pelanggan yang tepat, atau sebuah perusahaan besar mungkin memutuskan untuk menawarkan ragam produk yang lengkap dalam melayani seluruh segmen pasarnya, sebagian besar perusahaan memasuki pasar baru dengan melayani segmen tunggal, dan jika hal ini terbukti berhasil, mereka menambahkan segmen
·                      Diferensiasi dan Posisi Pasar (Differentiation & Positioning), 
perusahaan harus memutuskan bagaimana mendifferensiasikan penawaran pasarnya untuk setiap segmen sasaran dan posisi apa yang ingin ditempatinya dalam segmen tersebut, posisi produk adalah tempat yang diduduki produk relatif terhadap pesaingnya dalam pikiran konsumen, pemasar ingin mengembangkan posisi pasar unik bagi produk mereka. Jika sebuah produk dianggap sama persis dengan produk lainnya di pasar,  konsumen tidak mempunyai alasan untuk membelinya. 

Mengembangkan Strategi Pemasaran dan Bauran Pemasaran Terintegrasi
Setelah strategi pemasaran ditetapkan maka perusahaan diharapkan untuk menerapkan dan merencanakan rincian bauran pemasaran (Marketing Mix) merupakan kumpulan alat pemasaran taktis terkendali – produk, harga, tempat, dan promosi yang dipadukan perusahaan untuk menghasilkan respons yang diinginkan di pasar sasaran.

Bauran pemasaran terdiri dari semua hal yang dapat dilakukan perusahaan untuk mempengaruhi permintaan akan produknya yang terdiri dari “empat P” yaitu:
·       Produk (product) , kombinasi barang dan jasa yang ditawarkan perusahaan kepada pasar sasaran meliputi : ragam, kualitas, gesain. fitur, nama merek,  dan kemasan.
·       Harga (price), adalah sejumlah uang yang harus dibayarkan pelanggan untuk memperoleh produk meliputi: daftar harga, diskon potongan harga, periode pembayaran, dan persyaratan kredit
·       Tempat (place), kegiatan perusahaan yang membuat produk tersedia bagi pelanggan sasaran meliputi: Lokasi, saluran distribusi, persediaan, transportasi dan logistik
·       Promosi (promotion) berarti aktivitas yang menyampaikan manfaat produk dan membujuk pelanggan membelinya meliputi : Iklan dan promosi penjualan.
     2.      Jelaskan yang menyebabbkan perusahaan bidang jasa mengalami kegagalan dalam mengelola kualitas produk jasanya?
Jawab :
o    Lima penyebab kegagalan pengiriman jasa:
·        Kesenjangan harapan konsumen & persepsi manajemen
·        Kesenjangan persepsi manajemen & spesifikasi jasa
·        Kesenjangan spesifikasi kualitas&penghantaran jasa
·        Kesenjangan penghantaran jasa & komunikasi eksternal
·        Kesenjangan jasa anggapan&jasa yang diharapkan
      3.      Strategi yang dilakukan perusahaan untuk meningkatkan penjualan dan laba adalah dengan cara memperpanjang lini produk. Jelaskan tujuan dari lini produk dan bagaimana cara melakukannya?
Jawab :
Manajer lini produk harus mengetahui penjualan dan laba tiap unit produk dalam lininya untuk menentukan unit produk mana yang akan dikembangkan, dipertahankan, dikurangi atau dihentikan. Mereka juga perlu memahami profil pasar tiap produk.

Caranya
Perusahaan dapat memperpanjang lini produknya dengan dua cara : perentangan lini (line stretching) dan pengisian lini (line filling).

a. Perentangan Lini
Perentangan lini terjadi jika perusahaan memperpanjang lini produknya melalmpaui cakupan yang sekarang. Perusahaan dapat merentang lininya ke bawah, ke atas atau kedua arah.
1)      Perentangan ke Bawah
Sebuah perusahaan yang posisinya di pasar tengah mungkin ingin memperkenalkan lini harga yang lebih rendah karena satu dari tiga alasan berikut :
1.      Melihat peluang pertumbuhan di pasar kelas bawah
2.      Keinginan mengikat kelas bawah agar tidak bergerak ke atas
3.      Menemukan bahwa pasar tengah sedang mengalami stagnasi atau kemunduran.
Tiga pilihan nama ketika perusahaan bergerak ke bawah :
1.      Menggunakan nama yang sama pada semua tawarannya misal Sony
2.      Menggunakan nama sub merk untuk harga yang lebih rendah misal Sony Value Line
3.      Menggunakan nama yang berbeda untuk harga yang lebih rendah.
2)      Perentangan ke Atas
Perusahaan bawah mungkin ingin masuk ke pasar atas. Mereka tertarik dengan tingkat pertumbuhan yang lebih tinggi, marjin yang lebih besar atau sekedar untuk memposisikan diri sebagai produsen yang memproduksi lini yang lengkap. Banyak perusahaan membuat produk dengan nama yang benar-benar baru misal Toyota mengeluarkan Lexus dsb
3)      Perentangan Dua Arah
Perusahaan menengah mungkin akan memutuskan merentangkan lininya kedua arah untuk meraih kepemimpinan dalam lini produk tertentu.
    4.      Salah satu keberasilan produk yang dijual dapat dilihat dari bentuk produk dan fungsi produk tersebut. Menurut anda mana yang paling penting dari bentuk atau fungsi produk, berikan penjelasan dan contohnya?
Jawab :
Tergantung pada jenis produknya terkadang produk ada yang membutuhkan lebih ke fungsinya seperti produk bahan pokok seperti beras, pasir, gula pasir. Bentuk produk digunakan pada produk yang bukan barang pokok dan banyak subtitusinnya seperti smartphone, makanan, dan produk lain serta dengan pemikiran masing-masing individu

     5.       Jelaskan apa yang dimaksud dengan pemasaran! Menurut Anda mengapa pemasaran penting bagi masyarakat?
Jawab:
Pemasaran adalah suatu perpaduan dari aktivitas-aktivitas yang saling berhubungan untuk mengetahui kebutuhan konsumen melalui penciptaan, penawaran, dan pertukaran produk dan jasa yang bernilai serta mengembangkan promosi, distribusi, pelayanan dan harga agar konsumen dapat terpuaskan dengan baik pada tingkat keuntungan tertentu.
Pemasaran penting karena melalui pemasaran konsumen tidak perlu lagi memenuhi kebutuhan pribadi secara sendiri-sendiri dengan melakukan pertukaran antara konsumen dengan pelaku pemasaran sehingga akan ada banyak waktu bagi konsumen untuk kegiatan lain yang disukai.

     6.    Sebutkan  fungsi-fungsi pemasaran serta jelaskan masing-masing fungsi tersebut!
Jawab:
Fungsi pemasaran ada 3 yaitu:
a.       Fungsi pertukaran
Dengan pemasaran pembeli dapat membeli produk dari produsen baik dengan menukar uang dengan produk maupun pertukaran produk dengan produk (barter) untuk dipakai sendiri atau dijual kembali.

b.      Fungsi distribusi fisik
Distribusi fisik suatu produk dilakukan dengan cara mengangkut serta menyimpan produk. Produk diangkut dari produsen mendekati kebutuhan konsumen dengan banyak cara, baik melalui air, darat, udara dan sebagainya. Penyimpanan produk mengedepankan upaya menjaga pasokan produk agar tidak kurang saat dibutuhkan.

c.       Fungsi Perantara
Untuk menyampaikan produk dari tangan produsen ke konsumen dapat dilakukan melalui perantara pemasaran yang menghubungkan aktivitas pertukaran dengan distribusi fisik. Aktivitas fungsi perantara antara lain pengurangan resiko, pembiayaan, pencarian informasi serta standarisasi dan penggolongan produk.

     7.    Dalam proses manajemen pemasaran ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar dapat mencapai tujuan yang telah ditentukan. Sebutkan hal-hal yang harus diperhatikan dalam proses manajemen pemasaran tersebut!
Jawab:
Hal-hal yang harus diperhatikan dalam proses manajemen pemasaran yaitu:
a.       Melakukan analisis peluang pasar
Dalam melakukan usaha penganalisaan peluang pasar, seseorang harus mengetahui banyak situasi perkembangan pasar yang akan dituju. Untuk mengetahuinya bisa dilakukan dengan riset-riset pasar yang bertujuan untuk mengetahui trend selera konsumen yang sedang berkembang saat itu.
b.      Menyusun strategi pemasaran
Strategi pemasaran adalah logika pemasaran dan berdasarkan hal itu, unit bisnis diharapkan untuk mencapai sasaran-sasaran pemasarannya. Strategi pemasaran terdiri dari pengambilan keputusan tentang biaya pemasaran, bauran pemasaran dan lokasi pemasaran.
c.       Perencanaan program pemasaran
Hal ini bertujuan agar proses di lapangan menjadi lebih mudah dan terarah.
d.   Pengelolaan usaha pemasaran

   8.    Dalam konsep pemasaran, terdapat orientasi pemasaran yang meliputi orientasi produksi, orientasi produk, orientasi pemasaran, dan orientasi pemasaran holistik. Apakah masing-masing orientasi tersebut bisa berjalan bersamaan?
Jawab :
Orientasi pemasaran yang meliputi orientasi produksi, orientasi produk, orientasi pemasaran dan orientasi holistik tidak bisa berjalan bersamaan. Orientasi pemasaran dan orientasi holistik adalah perkembangan dari orientasi pemasaran sebelumnya yang tidak cocok lagi dengan perkembangan zaman.
Tetapi tidak menutup kemungkinan bagi pemasar modern menggunakan dua orientasi pemasaran sekaligus. Misalkan Lenovo yang mengetahui kebutuhan akan laptop berharga murah (dari analisis holistic marketingya) menggunakan orientasi produksi dengan sangat efisien untuk mencapai low cost product dan menjaring customer sebanyak-banyaknya. Jadi dalam kasus ini orientasi holistik marketing dan orientasi produksi digunakan bersamaan. Tetapi untuk kasus yang lain semisal mobil ferari yang hanya ditujukan kepada kalangan tertentu tidak mungkin menggunakan orientasi produksi atau pemasar B2B yang sangat berorintasi pada keinginan konsumen.

    9.    Banyak orang yang menyamakan antara penjualan (selling) dan pemasaran (marketing), padahal dua hal itu berbeda pelaksanaannya. Jelaskan perbedaannya!
Jawab:
Perbedaan antara penjualan dan pemasaran
No
Penjualan
Aspek
Pemasaran
1
Pabrik
Langkah awal
Target pasar
2
Produk
Fokus
Pemenuhan keinginan konsumen
3
Promosi penjualan
Alat
Pemasaran Terpadu
4
Volume penjualan
Tujuan
Laba melalui kepuasan konsumen
5
Jangka pendek
Orientasi pasar
Jangka panjang

10. Dalam strategi pemasaran, ada tiga faktor utama yang menyebabkan terjadinya perubahan strategi pemasaran yang telah dibuat. Sebut dan jelaskan faktor-faktor tersebut!
Jawab:
Faktor yang menyebabkan perubahan strategi pemasaran yaitu:
a.       Daur hidup produkStrategi harus disesuaikan dengan tahap-tahap daur hidup produk, yaitu tahap perkenalan, tahap pertumbuhan, tahap kedewasaan dan tahap kemunduran.
b.      Posisi persaingan perusahaan di pasar
     Strategi pemasaran harus disesuaikan dengan posisi perusahaan dalam persaingan, apakah memimpin, menantang, mengikuti atau hanya mengambil sebagian kecil dari pasar.
c.       Situasi ekonomi
Strategi pemasaran harus disesuaikan dengan ituasi ekonomi dan pandangan ke depan, apakah ekonomi berada dalam situasi makmur atau inflasi tinggi.

11. Salah satu faktor yang mempengaruhi strategi pemasaran adalah lingkungan mikro perusahaan. Apakah yang dimaksud dengan lingkungan mikro perusahaan?
Jawab:
Lingkungan mikro perusahaan terdiri dari pelaku dalam lingkungan yang berkaitan dengan perusahaan yang mempengaruhi kemampuannya untuk melayani pasar, lingkungan mikro ini terdiri dari:
a.       Perusahaan
b.      Pemasok
c.       Para Perantara Pemasaran
d.      Para Pelanggan
e.       Para Pesaing
f.       Masyarakat Umum

12. Budaya lokal merupakan aspek penting dalam memengaruhi perilaku konsumen. Bagaimana budaya lokal dipahami oleh pemasar dan  bagaimana aplikasinya dalam mengembangkan strategi pemasaran?
Jawab :
Benar sekali budaya lokal merupakan aspek yang penting dalam memengaruhi perilaku konsumen. Dan setiap pemasar harus memahami budaya lokal ini. Sebagai contoh kebudayaan di Indonesia adalah mengutamakan kekeluargaan. Dimana produk-produk yang mengusung kebersamaan dalam keluarga pasti laris manis. Sebagai contoh mobil Kijang, Avanza, Xenia dan grand Livina yang bisa menampung banyak anggota keluarga (7 seater) cukup laris di pasaran. Di sisi lain teh sariwangi juga memperlihatkan indahnya kebersamaan dalam keluarga dalam setiap iklannya. Juga coca cola dan beberapa produk Indomie di saat bulan puasa dan menjelang lebaran juga mengusung tema-tema keluarga.
Setiap kebudayaan sendiri sebenarnya terdapat sub bagian yang disebut sub kebudayaan yang target pasarnya lebih spesifik. Termasuk dalam Sub budaya adalah kewarganegaraan, agama, ras dan lokasi geografis. Kembali ke industri otomotif : Negara-negara asia mungkin tidak membayar mahal untuk safetydibandingkan dengan mobil-mobil yang dipasarkan di daerah Eropa. Dan kenyamanan cenderung lebih diutamakan pada mobil-mobil Eropa. Juga sub kebudayaan lokal yang mengutamakan kekeluargaan membuat mobil Avanza diminati di Indonesia.
13. Strategi apa yang harus dilakukan oleh suatu perusahaan apabila ia menduduki sebagaimarket leader?
Jawab:
Strategi yang harus dilakukanoleh market leader yaitu:
a.       Mengembangkan pasar secara keseluruhan, hal ini dapat dilakukan dengan cara:
·         Mencari konsumen baru dengan cara strategi penerobosan pasar, strateggi paar baru, dan perluasan geografis
·         Mencari dan mengenalkan kegunaan baru suatu produk
·         Meyakinkan masyarakat konsumen agar menggunakan produk lebih banyak pada setiap kesempatan
b.      Melindungi bagian-bagian pasar yang telah dikuasai.
c.       Meningkatkan bagian pasar. Selain mencari konsumen baru pada pasar baru, perusahaan juga dapat meningkatkan jumlah konsumen pada setiap pasar yang sudah dikuasai.
14. Sebut dan jelaskan 5 strategi penyerangan yang dapat dilakukan oleh market challenger!
Jawab:
Secara umum ada lima strategi penyerangan yang dapat dilakukan oleh market challenger, yaitu:
a.       Serangan frontal
Serangan ini dilakukan dengan mengerahkan seluruh kekuatan yang dimiliki tepat berhadapan dnegan lawan
b.      Serangan melambung
Market Challenger berpura-pura akan menyerang bagian yang kuat sehingga lawan mengerahkan seluruh kekuatan ke bagian tersebut, tetapi serangan sesungguhnya akan diarahkan ke bagian kelemahannya.
c.       Serangan mengepung
Serangan ini merupakan usaha menembus daerah pemasaran lawan, yaitu dengan mengadakan serangan besar-besaran ke seluruh pasar lawan.
d.      Serangan lintas
Strategi ini adalah strategi yang paling tidak langsung serta menjauhkan diri dari gerakan yang mengarah ke pemasaran pesaing.
e.       Serangan gerilya
Serangan ini dilakukan perusahaan-perusahaan yang kekurangan modal dengan menyerang berbagai wilayah lawan dengan serangan kecil yang tiba-tiba dan terputus-putus.

Tidak ada komentar:

Post Top Ad

Your Ad Spot