1.     Agar produk yang dibuat oleh sebuah perusahaan dapat
diterima oleh konsumen, bagaimana cara perusahaan tersebut melakukannya?
Mengembangkan Strategi Pemasaran dan Bauran Pemasaran Terintegrasi
Bauran pemasaran terdiri dari semua hal yang dapat dilakukan
perusahaan untuk mempengaruhi permintaan akan produknya yang terdiri dari
“empat P” yaitu:
Caranya
a. Perentangan Lini
     5.       Jelaskan apa yang dimaksud dengan pemasaran! Menurut
Anda mengapa pemasaran penting bagi masyarakat?
     6.    Sebutkan  fungsi-fungsi pemasaran serta jelaskan
masing-masing fungsi tersebut!
b.      Fungsi
distribusi fisik
c.       Fungsi
Perantara
     7.    Dalam proses manajemen pemasaran ada beberapa hal yang harus
diperhatikan agar dapat mencapai tujuan yang telah ditentukan. Sebutkan hal-hal
yang harus diperhatikan dalam proses manajemen pemasaran tersebut!
   8.    Dalam konsep pemasaran, terdapat orientasi pemasaran yang
meliputi orientasi produksi, orientasi produk, orientasi pemasaran, dan
orientasi pemasaran holistik. Apakah masing-masing orientasi tersebut bisa
berjalan bersamaan?
    9.    Banyak orang yang menyamakan antara penjualan (selling)
dan pemasaran (marketing), padahal dua hal itu berbeda pelaksanaannya.
Jelaskan perbedaannya!
Mengembangkan Strategi Pemasaran dan Bauran Pemasaran Terintegrasi
| 
No | 
Penjualan | 
Aspek | 
Pemasaran | 
| 
1 | 
Pabrik | 
Langkah awal | 
Target pasar | 
| 
2 | 
Produk | 
Fokus | 
Pemenuhan keinginan konsumen | 
| 
3 | 
Promosi penjualan | 
Alat | 
Pemasaran Terpadu | 
| 
4 | 
Volume penjualan | 
Tujuan | 
Laba melalui kepuasan konsumen | 
| 
5 | 
Jangka pendek | 
Orientasi pasar | 
Jangka panjang | 
10. Dalam strategi pemasaran, ada tiga faktor utama yang
menyebabkan terjadinya perubahan strategi pemasaran yang telah dibuat. Sebut
dan jelaskan faktor-faktor tersebut!
Jawab:
Faktor
yang menyebabkan perubahan strategi pemasaran yaitu:
a.       Daur hidup produkStrategi
harus disesuaikan dengan tahap-tahap daur hidup produk, yaitu tahap perkenalan,
tahap pertumbuhan, tahap kedewasaan dan tahap kemunduran.
b.      Posisi persaingan perusahaan di pasar
     Strategi
pemasaran harus disesuaikan dengan posisi perusahaan dalam persaingan, apakah
memimpin, menantang, mengikuti atau hanya mengambil sebagian kecil dari pasar.
c.       Situasi ekonomi
Strategi
pemasaran harus disesuaikan dengan ituasi ekonomi dan pandangan ke depan,
apakah ekonomi berada dalam situasi makmur atau inflasi tinggi.
11. Salah satu faktor yang mempengaruhi strategi pemasaran
adalah lingkungan mikro perusahaan. Apakah yang dimaksud dengan lingkungan
mikro perusahaan?
Jawab:
Lingkungan
mikro perusahaan terdiri dari pelaku dalam lingkungan yang berkaitan dengan
perusahaan yang mempengaruhi kemampuannya untuk melayani pasar, lingkungan
mikro ini terdiri dari:
a.       Perusahaan
b.      Pemasok
c.       Para Perantara Pemasaran
d.      Para Pelanggan
e.       Para Pesaing
f.       Masyarakat Umum
12. Budaya lokal merupakan aspek penting dalam memengaruhi
perilaku konsumen. Bagaimana budaya lokal dipahami oleh pemasar dan 
bagaimana aplikasinya dalam mengembangkan strategi pemasaran?
Jawab
:
Benar
sekali budaya lokal merupakan aspek yang penting dalam memengaruhi perilaku
konsumen. Dan setiap pemasar harus memahami budaya lokal ini. Sebagai contoh
kebudayaan di Indonesia adalah mengutamakan kekeluargaan. Dimana produk-produk
yang mengusung kebersamaan dalam keluarga pasti laris manis. Sebagai contoh mobil
Kijang, Avanza, Xenia dan grand Livina yang bisa menampung banyak anggota
keluarga (7 seater) cukup laris di pasaran. Di sisi lain teh sariwangi juga
memperlihatkan indahnya kebersamaan dalam keluarga dalam setiap iklannya. Juga
coca cola dan beberapa produk Indomie di saat bulan puasa dan menjelang lebaran
juga mengusung tema-tema keluarga.
Setiap kebudayaan sendiri sebenarnya terdapat sub bagian
yang disebut sub kebudayaan yang target pasarnya lebih spesifik. Termasuk dalam
Sub budaya adalah kewarganegaraan, agama, ras dan lokasi geografis. Kembali ke
industri otomotif : Negara-negara asia mungkin tidak membayar mahal untuk safetydibandingkan
dengan mobil-mobil yang dipasarkan di daerah Eropa. Dan kenyamanan cenderung
lebih diutamakan pada mobil-mobil Eropa. Juga sub kebudayaan lokal yang
mengutamakan kekeluargaan membuat mobil Avanza diminati di Indonesia.
13. Strategi apa yang harus dilakukan oleh suatu perusahaan
apabila ia menduduki sebagaimarket leader?
Jawab:
Strategi
yang harus dilakukanoleh market leader yaitu:
a.       Mengembangkan
pasar secara keseluruhan, hal ini dapat dilakukan dengan cara:
·         Mencari konsumen baru dengan cara strategi penerobosan
pasar, strateggi paar baru, dan perluasan geografis
·         Mencari dan mengenalkan kegunaan baru suatu produk
·         Meyakinkan masyarakat konsumen agar menggunakan produk lebih
banyak pada setiap kesempatan
b.      Melindungi
bagian-bagian pasar yang telah dikuasai.
c.       Meningkatkan
bagian pasar. Selain mencari konsumen baru pada pasar baru, perusahaan juga
dapat meningkatkan jumlah konsumen pada setiap pasar yang sudah dikuasai.
14. Sebut dan jelaskan 5 strategi penyerangan yang dapat
dilakukan oleh market challenger!
Jawab:
Secara
umum ada lima strategi penyerangan yang dapat dilakukan oleh market challenger,
yaitu:
a.       Serangan frontal
Serangan
ini dilakukan dengan mengerahkan seluruh kekuatan yang dimiliki tepat
berhadapan dnegan lawan
b.      Serangan melambung
Market
Challenger berpura-pura akan menyerang bagian
yang kuat sehingga lawan mengerahkan seluruh kekuatan ke bagian tersebut,
tetapi serangan sesungguhnya akan diarahkan ke bagian kelemahannya.
c.       Serangan mengepung
Serangan
ini merupakan usaha menembus daerah pemasaran lawan, yaitu dengan mengadakan
serangan besar-besaran ke seluruh pasar lawan.
d.      Serangan lintas
Strategi
ini adalah strategi yang paling tidak langsung serta menjauhkan diri dari
gerakan yang mengarah ke pemasaran pesaing.
e.       Serangan gerilya
Serangan
ini dilakukan perusahaan-perusahaan yang kekurangan modal dengan menyerang
berbagai wilayah lawan dengan serangan kecil yang tiba-tiba dan terputus-putus.

 
 
 
 
Tidak ada komentar:
Posting Komentar