Berbagi Selagi Bisa Berbagi

Breaking

Post Top Ad

Your Ad Spot

Kamis, 27 September 2018

Audit Personalia (MSDM)


Audit Personalia

            Pelaksanaan audit  personalia hendaknya mencakup evaluasi terhadap fungsi-fungsi personalia, penggunaan prosedur-prosedur personalia oleh para manajer, dan dampak kegiatan-kegiatan tersebut pada sasaran-sasaran dan kepuasan karyawan.
Tujuan audit personalia adalah mengevaluasi kegiatan-kegiatan personalia dengan maksud untuk :
  • Menilai efektivitas
  • Mengenali aspek-aspek yang masih dapat diperbaiki
  • Mempelajari aspek-aspek tersebut secara mendalam
  • Menunjukkan kemungkinan perbaikan
  • Membuat rekomendasi untuk pelaksanaan perbaikan-perbaikan tersebut.

Audit Personalia secara logis dimulai dengan mereview kerja departemen sumberdaya. Untuk memeriksa hanya beberapa aspek system manajemen personalia  dengan beberapa cara sbb :
  • Mengidentifikasikan siapa yang bertanggung jawab atas setiap kegiatan
  • Menentukan sasaran-sasaran yang akan dicapai oleh setiap kegiatan
  • Mereview berbagai kebijaksanaan dan prosedur yang digunakan untuk mencapai sasaran-sasaran tersebut
  • Menentukan besarnya sample catatan-catatan dalam system informasi personalia untuk mempelajari apakah kebijaksanaan dan prosedur diikuti secara besar
  •  Menyiapkan laporan audit
  • Mengembangkan rencana tindakan koreksi terhadap kesalahan-kesalahan dalam sasaran, kebijaksanaan dan prosedur.
  • Melaksanakan tindak lanjut untuk memastikan apakah masalah-masalah temuan audit telah dipecahkan.

Pendekatan-Pendekatan Riset Untuk Audit
  • Pendekatan Komparatif
  • Pendekatan Wewenang Dari Luar (autside authority approach)
  • Pendekatan Statistik
  • Pendekatan Kepatuhan
  • Pendekatan MBO (Manajemen By Objectives)

            Tidak ada pendekatan audit di atas yang dapat diterapkan pada semua bagian personalia.  Pada umumnya, tim-tim audit menggunakan beberapa strategi tersebut tergantung pada kegiatan-kegiatan personalia tertentu yang dievaluasi. Langkah selanjutnya adalah  memilih peralatan-peralatan riset untuk mengumpulkan informasi audit.
            Untuk mengumpulkan data tentang kegiatan-kegiatan perusahaan,  beberapa teknik yang berfungsi sebagai peralatan pengadaan informasi tersedia. Di antara peralatan-peralatan itu adalah :
  • Wawancara
  • Kuesioner Dan Survai
  • Analisis Catatan
  • Informasi Eksternal
  • Percobaan Personalia

            Berbagai pendekatan dan peralatan digunakan untuk mengembangkan suatu gambaran kegiatan-kegiatan personalia organisasi. Agar informasi ini berguna, perlu dikompilasiklan menjadi laporan audit. Laporan hendaknya jangan mengemukakan pernyataan kesimpulan, dan saran saja, tetapi harus menggambarkan seluruh informasi yang akurat.

Tidak ada komentar:

Post Top Ad

Your Ad Spot