Berbagi Selagi Bisa Berbagi

Breaking

Post Top Ad

Your Ad Spot

Kamis, 11 Oktober 2018

Pengertian Pasar Bisnis (Manajemen Pemasaran)


          Pasar atau market merupakan sebuah tempat bertemunya pembeli dengan penjual guna melakukan transaksi ekonomi yaitu untuk menjual atau membeli suatu barang dan jasa atau sumber daya ekonomi dan berbagai faktor produksi yang lainnya.
          Pada umumnya  pengertian pasar adalah tempat bertemunya penjual dan pembeli untuk melakukan transaksi. Pasar dalam manajemen pemasaran tidak menunjuk ke sebuah lokasi ataupun tempat-tempat tertentu, tetapi lebih kepada kemana barang dan jasa akan dijual, siapa pembelinya dan dimana suatu produk akan dijual. Adanya sistem jaringan komunikasi yang modern sudah meniadakan hambatan atau batasan-batasan geografis, sehingga tempat atau pasar dimana  penjual dan pembeli bertransaksi tidak harus ada tempat, baik untuk pasar konsumen ataupun pasar bisnis.Transaksi dapat terjadi tanpa harus saling melihat wajah satu sama lain yang kita kenal sekarang dengan istilah online.
Pengertian pasar yang kita bahas disini lebih menitik beratkan ke arti ekonomi yaitu untuk transaksi jual dan beli. Dalam ilmu ekonomi, pengertian pasar yaitu sebagai besarnya permintaan serta penawaran pada jenis barang atau jasa tertentu. Pengertian pasar merupakan permintaan serta penawaran secara keseluruhan untuk jasa dan barang tertentu. Dengan demikian pengertian pasar lebih merujuk kepada  aktivitas penawaran dan permintaan termasuk didalamnya modal, surat berharga, tenaga kerja, serta uang.
Menurut para ahli Bisnis, Bisnis itu adalah : Usaha perdagangan yang dilakukan oleh sekelompok orang yang terorganisasi untuk mendapatkan laba dengan memproduksikan dan menjual barang atau jasa untuk memenuhi konsumen. (Mahmud Machfoedz)

Tidak ada komentar:

Post Top Ad

Your Ad Spot