Pasar atau market merupakan sebuah
tempat bertemunya pembeli dengan penjual guna melakukan transaksi ekonomi yaitu
untuk menjual atau membeli suatu barang dan jasa atau sumber daya ekonomi dan
berbagai faktor produksi yang lainnya.
Pada umumnya pengertian pasar adalah tempat
bertemunya penjual dan pembeli untuk melakukan transaksi. Pasar dalam
manajemen pemasaran tidak
menunjuk ke sebuah lokasi ataupun tempat-tempat tertentu, tetapi lebih kepada
kemana barang dan jasa akan dijual, siapa pembelinya dan dimana suatu produk
akan dijual. Adanya
sistem jaringan komunikasi yang modern sudah meniadakan hambatan atau
batasan-batasan geografis, sehingga tempat atau pasar dimana penjual dan pembeli bertransaksi
tidak harus ada
tempat, baik untuk pasar konsumen ataupun pasar bisnis.Transaksi dapat terjadi
tanpa harus saling melihat wajah satu sama
lain yang kita kenal sekarang dengan istilah online.
Pengertian pasar yang kita bahas disini lebih menitik
beratkan ke arti ekonomi yaitu untuk transaksi jual dan beli. Dalam ilmu
ekonomi, pengertian pasar yaitu sebagai besarnya permintaan serta penawaran
pada jenis barang atau jasa tertentu. Pengertian pasar merupakan permintaan
serta penawaran secara keseluruhan untuk jasa dan barang tertentu. Dengan
demikian pengertian pasar lebih merujuk kepada aktivitas penawaran dan permintaan termasuk
didalamnya modal, surat berharga, tenaga kerja, serta uang.
Menurut
para ahli Bisnis, Bisnis itu adalah : Usaha perdagangan yang dilakukan oleh sekelompok orang yang
terorganisasi untuk mendapatkan laba dengan memproduksikan dan menjual barang
atau jasa untuk memenuhi konsumen. (Mahmud Machfoedz)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar