Penilaian Prestasi Pegawai / SDM
Menurut Hasibuan (1995:105), Prestasi kerja adalah suatu hasil kerja yang dicapai seseorang dalam melaksanakan tugas-tugasnya yang dibebankan kepadanya yang didasarkan atas kecakapan, pengalaman dan kesungguhan serta waktu.
Penilaian prestasi kerja (performance appraisal) dalam rangka pengembangan sumber daya manusia adalah sangat penting artinya. Hal ini mengingat bahwa dalam kehidupan organisasi setiap orang sebagai sumber daya manusia dalam organisasi ingin mendapatkan penghargaan dan perlakuan yang adil dari pemimpin organisasi yang bersangkutan.
Faktor-faktor prestasi kerja yang perlu dinilai adalah sebagai berikut:
· Kuantitas kerja, Hasil kerja sesuai dengan waktu kerja yang ada, yang perlu diperhatikan bukan hasil rutin tetapi seberapa cepat pekerjaan dapat diselesaikan.
· Kualitas kerja, Mutu hasil kerja yang didasarkan pada standar yang ditetapkan. Biasanya diukur melalui ketepatan, ketelitian, keterampilan, kebersihan hasil kerja.
· Keandalan, Dapat atau tidaknya karyawan diandalkan adalah kemampuan memenuhi atau mengikuti instruksi, inisiatif, hati-hati, kerajinan dan kerjasama.
· Inisiatif, Kemampuan mengenali masalah dan mengambil tindakan korektif. Memberikan saran-saran untuk peningkatan dan menerima tanggung jawab menyelesaikan.
· Kerajinan, Kesediaan melakukan tugas tanpa adanya paksaan dan juga yang bersifat rutin.
· Sikap, Perilaku karyawan terhadap perusahaan atau atasan atau teman kerja.
· Kehadiran, Keberadaan karyawan ditempat kerja untuk bekerja sesuai dengan waktu atau jam kerja yang telah ditentukan.
METODE-METODE PENILAIAN
Metode Penilaian Prestasi Kerja Berorientasikan Waktu Lalu
Penilaian prestasi kerja pada umumnya berorientasi pada masa lalu, artinya penilaian prestasi kerja seorang karyawan itu dinilai berdasarkan hasil yang telah dicapai oleh karyawan selama ini.
Penilaian prestasi kerja pada umumnya berorientasi pada masa lalu, artinya penilaian prestasi kerja seorang karyawan itu dinilai berdasarkan hasil yang telah dicapai oleh karyawan selama ini.
Metode Penilaian Prestasi Kerja Berorientasi Waktu Yang Akan Datang, Metode penilaian prestasi kerja yang berorientasi waktu yang akan datang, memusatkan prestasi kerja karyawan saat ini serta penetapan sasaran prestasi kerja diamasa yang akan datang.
HUBUNGAN PENILAIAN DENGAN MASA KERJA
Proses penilaian prestasi kerja menghasilkan suatu evaluasi atas prestasi kerja karyawan di waktu yang lalu dan prediksi prestasi kerja diwaktu yang akan datang. Ketepatan penilaian terutama tergantung pada berbagai standar, ukuran dan teknik evaluasi yang dipilih.
Penilaian bisa memberikan umpan balik ini melalui beberpa pendekatan :
· Tell and sell Approroach
Mereview prestasi kerja karyawan dan mencoba untuk meyakinkan karyawan untuk berprestasi lebih baik dari apa yang pernah karyawan lakukan sebelumnya.
· Tell and listen Approroach
Memungkinkan karyawan untuk menjelaskan berbagai alasan, latar belakang dan perasaan defensif (sikap bertahan) mengenai prestasi pekerjaan.
· Problem solving approroach
mengidentifikasi masalah – masalah yang menggangu prestasi kerja karyawan kemudian melalui latihan, konselling, upaya – upaya dilakukan untuk memecahkan penyimpangan – penyimpangan.
Yang berhak mengadakan penilaian menurut John J. Nener yang di kutip oleh M. Manullang (2001 : 120) Memberi kemunginan yaitu :
· Penilaian karyawan oleh atasan langsung dan kemudian oleh kepala bagian
· Penilaian karyawan oleh atasan langsung dibantu oleh satu atau dua orang pembantunya.
· Penilaian karyawan oleh atasannya langsung dan jika tidak memungkinkan dibuat vertifikasi dengan melakukan penilaian karyawan sekali lagi oleh satu atau dua orang teman karyawan tersebut.
· Penilaian prestasi kerja karyawan bermanfaat untuk perbaikan prestasi kerja karyawan, penyesuaian kompensasi, keputusan penempatan, kebutuhan untuk latihan dan pengembangan, perencanaan dan pengembangan karier, penyimpangan proses staffing, ketidakakuratan informasional, kesalahan desain pekerjaan, kesempatan kerja yang adil, dan tantangan eksternal.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar